News

Menhub Minta Arab Saudi Terima Jemaah Umrah yang Sudah Tiba

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tengah berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk meminta Pemerintah Arab Saudi menerima kedatangan ratusan calon jemaah umrah. Para calon jemaah umrah itu telah berangkat sebelum adanya pengumuman keputusan penghentian penerimaan jemaah umrah oleh pemerintah setempat.

"Tadi memang ada penebangan dari Surabaya, saya lagi memantau penerbangan menuju ke Jeddah. Ada 2 penerbangan yang sudah di-accept, satu (maskapai) Garuda satu (maskapai) Lion. Saya sudah laporkan ke Bu Menlu, saya minta tolong kalau yang sudah terbang tolong diterima, supaya mereka bisa kesana," katanya di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 27 Februari 2020.

Budi pun tak mempermasalahkan jika Pemerintah Arab Saudi hendak melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para calon jemaah umrah yang telah tiba tersebut. 

"Walaupun mereka harus diperiksa kesehatannya, jika dinyatakan sehat maka mudah-mudahan bisa menjalankan ini (ibadah Umroh) tuntas, sehingga yang sudah terbang, bisa mendarat dan melaksanakan ibadah umrah disana," katanya.

Pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan Menteri Agama untuk menginventarisir permasalahan-permasalahan yang akan terjadi serta mencari solusi penyelesaiannya. 

"Kita akan adakan rapat koordinasi untuk memetakan apa yang jadi masalah dan mencari jalan keluar, terutama soal maskapai, kalau sudah slesai kita akan klarifikasi juga mengenai visa seperti apa, karena sepertinya ada yang baru sekali kesana kita akan beri perhatian khusus," ungkapnya. 

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu berharap, permasalahan terkait Virus Corona atau COVID-19 ini dapat segera tertangani sehingga para calon jemaah umrah asal Indonesia dapat kembali menunaikan ibadah sesuai rencana. 

"Pemerintah pada dasarnya memahami apa yang diputuskan pemerintah Arab Saudi karena ini menyangkut kesehatan umat manusia, khususnya jemaah umrah, untuk itu mudah-mudahan bisa terselesaikan dengan cepat," terangnya.

Diketahui, 700 jemaah haji khususnya dari Jakarta telah terbang menuju Arab Saudi pada kemarin pagi. Hingga kini, belum diketahui tindak lanjut atas nasib ratusan WNI yang sudah berada di Arab.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...