News

Kontrol PJU, Dishub Gunakan Smart Lighting System

PEKANBARU - Pengoperasian penerangan jalan umum (PJU) di Kota Pekanbaru, kini semakin maju dengan penggunaan smart system (sistem pintar). Melalui sistem ini, kondisi PJU dipantau secara real-time. Bahkan bisa dikendalikan dari pusat kontrol di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru.

Sistem ini sudah diterapkan pada 65 titik PJU yang ada di kompleks Perkantoran Tenayan Raya. Monitor dan kontrol jarak jauh dilakukan menggunakan perangkat komputer maupun telepon genggam.

"Dari sini kita bisa kontrol lampu yang ada di kantor Tenayan Raya," kata Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso didampingi Kabid Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Pekanbaru T Ardi Dwisasti, Selasa (18/2/2020).

Dari pusat kendali, indikator lampu PJU di Perkantoran Tenayan Raya dari berwarna hitam berubah menjadi berwarna kuning saat hidup. Ketika langsung diuji coba memang terlihat mayoritas lampu hidup semua. Hanya tiga lampu yang mati. "Ini karena listrik disana belum stabil," katanya.

Sistem ini juga memungkinkan, secara real-time dapat diketahui konsumsi listrik dan sudah berapa tagihan yang muncul.  Sistem dioperasikan mulai Januari 2020 dan sudah diujicoba sejak Desember 2019.

"Pusat kendali ini juga memantau 500 panel Meterisasi PJU yang ada di Pekanbaru. Sudah ter-plotting satu meteran 7.700 Watt. Jika lebih dari itu dia akan drop. Total 165 titik PJU terpantau," papar Yuliarso.

Di pusat kendali, pengaduan masyarakat yang masuk juga direspon secara online, dan akan terus muncul hingga direspon. Dengan Smart System ini juga petugas bisa memantau beban berlebih, kebocoran ground tiang, hingga tegangan berlebih. Bahkan sistem juga bisa mengirimkan pesan ke handphone operator memberitahukan permasalahan yang terjadi seperti yang dijelaskan di atas.

"Dengan PJU smart system kita bisa tahu berapa pemakaian energinya, untuk cahaya juga bisa diredupkan melalui handphone atau perangkat lain yang terhubung," papar Kabid KTSP Dishub Pekanbaru T Adri.

Selain di kompleks Perkantoran Tenayan Raya,  PJU smart system juga sudah dipasang di area Jalan Jenderal Sudirman, mulai dari Bandara SSK II menuju ke arah Kantor DPRD Provinsi Riau. Ini dengan jumlah sebanyak 100 titik.(adv)



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...