Trashod

5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting. Tak hanya rajin menyikat gigi dua kali sehari, beberapa makanan juga diklaim ampuh untuk membuat gigi tetap sehat.

Dengan gigi yang sehat, Anda tak perlu takut merasa ngilu saat mengonsumsi makanan-makanan berisiko seperti es krim atau cokelat. Gigi juga berperan penting dalam menjaga penampilan. Senyuman yang memukau akan muncul dari gigi yang sehat dan terjaga.

Sayang, hingga saat ini tampaknya masih banyak orang yang abai pada kesehatan gigi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa penyakit gigi dan mulut berupa karies gigi memengaruhi setengah dari populasi dunia.

Selain itu, penyakit periodontitis atau infeksi gusi serius yang dapat mengakibatkan kehilangan gigi diperkirakan menjadi penyakit ke-11 terbanyak di dunia. Belum lagi ancaman kanker mulut yang terus mengancam banyak orang.

Fakta mengenai masalah kesehatan gigi juga dicatat oleh World Dental Federation (FDI). Tercatat sebanyak 60-90 persen anak usia sekolah dan hampir 100 persen orang dewasa mengalami kerusakan gigi yang sering menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari menjadi salah satu cara dasar untuk menjaga kesehatan gigi. Gunakan juga obat kumur untuk menghilangkan partikel makanan yang tersisa setelah disikat.

Makanan Terbaik untuk Jaga Kesehatan Gigi

Selain menyikat gigi, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga gigi tetap sehat. Salah satunya adalah mengonsumsi sejumlah makanan yang diklaim dapat menyehatkan gigi.

Berikut mengutip Medical Daily.

1. Apel
Konsumsi apel sehari disebut dapat menjauhkan Anda dari urusan dengan dokter gigi. Betapa tidak, buah-buahan segar seperti apel berperan sebagai sikat gigi alami yang membantu membersihkan plak dan karang gigi.

2. Jeruk
Jeruk dan semua jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti lemon dan nanas dapat melindungi gusi dari kerusakan. Sebagaimana diketahui, vitamin C berperan penting dalam kesehatan gusi. Vitamin C membantu membangun kekebalan tubuh dengan memerangi segala infeksi, termasuk pada gusi.

3. Stroberi
Untuk mendapatkan gigi yang lebih putih, gosokkan stroberi langsung pada gigi Anda. Atau, Anda juga bisa membuat stroberi menjadi pure dan gosok tak ubahnya pasta gigi.

Manfaat stroberi untuk gigi didapat karena kandungan asam malat di dalamnya yang merupakan enzim pemutih.

4. Pisang
Pisang menjadi buah yang kaya nutrisi seperti kalium, magnesium, dan mangan. Dengan demikian, konsumsi pisang dapat menjaga kesehatan gigi Anda.

Selain itu, kulit pisang juga diketahui dapat membantu membuat gigi lebih putih dan menangani gigi sensitif. Gosokkan kulit pisang pada gigi setiap hari selama dua pekan untuk mendapatkan gigi putih bersinar.

5. Ubi jalar
Sebagai sumber vitamin yang kaya, ubi jalar menjadi pilihan makanan terbaik untuk kesehatan gigi. Ubi jalar disebut dapat melindungi enamel gigi dan membuat gigi menjadi lebih putih.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...