Viral

Isu Razia Kaus #2019GantiPresiden, Polri Pastikan Hoaks

Penyablonan kaos dengan logo #2019GantiPresiden.(sumber;internet)

JAKARTA - Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia membantah kabar yang menyebut ada razia sejumlah spanduk dan kaus bertulisan #2019GantiPresiden oleh oknum kepolisian.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Inspektur Jenderal Setyo Wasisto, mengatakan kabar tersebut merupakan informasi bohong alias hoaks.

"Itu hoaks lagi itu, enggak ada sweeping-sweeping," kata Setyo di salah satu hotel di bilangan Jakarta Selatan pada Selasa (24/4/2018).

Selain itu, langkah tersebut juga tidak berdasar bila dilakukan oleh anggota Polri. Pemimpin Polri pun tidak memberikan perintah kepada jajaran untuk melaksanakan razia itu.

"Tidak ada perintah untuk itu. Itu hoaks," cetusnya.

Kabar seputar aksi razia yang dilakukan polisi terhadap spanduk dan kaus bertulisan #2019GantiPresiden beredar di sejumlah media daring dan sosial.

Dalam satu pemberitaan media massa disampaikan bahwa tenda sebuah becak milik seorang warga Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara yang terbuat dari spanduk bertulisan Ganti Presiden 2019 diambil oknum polisi setempat pada pekan lalu. Dalam pemberitaan itu juga disebutkan bahwa oknum kepolisian memberikan uang ganti rugi sebesar Rp100 ribu untuk dua tenda becak.

Akun media sosial Facebook, Ririn Merindumoe, pun mengunggah kembali cuplikan layar itu dan mempertanyakan apakah pembuatan kaus bertulisan #2019GantiPresiden melanggar hukum dan dasar pihak kepolisian mendatangi tempat penyablonan kaus itu.

"Bapak-bapak Polisi yang baik hati, mohon penjelasannya ya, apakah pembuatan kaos #2019GantiPresiden melanggar hukum hingga harus disertakan No KTP dan No telp?" kata Ririn seperti dilihat dari akun Facebooknya, Selasa (24/4/2018).

"Bila ya, apa dasar UU-nya? No berapa dan tahun berapa? Biar kami faham. Kasihan rakyat kecil yang ingin mengais rejeki," imbuhnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...