Dunia

Akibat Ulang 'PLN', Bandara Schiphol Amsterdam Lumpuh Sementara

Bandara Schiphol Amsterdam. (sumber;internet)

AMSTERDAM - Pemadaman listrik oleh PLN di Indonesia sudah biasa. Berbagai alasan juga diungkapkan pihak PLN terkait hal tersebut, mulai dari pemeliharaan hingga gangguan. Tapi di Amsterdam, karena pemadaman listrik, Bandara Schiphol Amsterdam lumpuh. Operasional bandara, mulai dari aktivitas penerbangan hingga lalu lintas menuju bandara itu dihentikan sementara.

Seperti yang dilansir Reuters, pemadaman listrik tersebut terjadi pada Ahad (29/4/2018) pagi. Pemadaman melanda semua operasi di salah satu bandara tersibuk di Eropa tersebut. Pihak berwenang menutup jalan ke Schiphol dan menghentikan lalu lintas kereta ke bandara. "Tujuannya untuk menjamin keselamatan para turis," ujar Juru Bicara Bandara Schiphol Jacco Bartels seperti dikutip detikcom dari Reuters, Ahad (29/4/2018).

Bartels mengatakan, kebijakan itu dilakukan karena prosedur check-in menjadi tidak mungkin dilakukan dan ruang utama bandara dipenuhi oleh penumpang yang menunggu. Jalan ke bandara itu dibuka kembali sekitar satu setengah jam kemudian. Meski listrik dipulihkan, Bartels mengatakan tetap akan berdampak pada gangguan pelayanan.

"Konsekuensi berat bagi lalu lintas udara pada siang hari," kata Jacco Bartels.

Dampak pemadaman listrik ini juga mempengaruhi penerbangan ke Amsterdam di bandara lain. Karena Schiphol hanya akan mampu menangani sepuluh pesawat yang tiba per jam pada Ahad (29/4/2018) pagi.

"Karena prioritas diberikan kepada sejumlah besar penerbangan yang menunggu untuk meninggalkan bandara," kata Bartels.

Untuk diketahui, Schiphol adalah bandara ketiga tersibuk di Eropa dalam jumlah wisatawan, setelah London Heathrow dan Paris Charles de Gaulle.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...