Dunia

Co-Pilot Japan Air Kedapatan Kosumsi Alkohol Sebelum Terbang

Ilustrasi. (sumber;internet)

TOKYO - Maskapai Japan Airlines memberlakukan larangan untuk pilotnya dalam hal mengkosumsi alkohol. Pilot dilarang keras mengkosumsi alkohol 24 jam sebelum terbang. Aturan tersebut berlaku tidak hanya di bandara sekitar wilayah Jepang, namun juga berlaku diseluruh penerbangan domestik maupun luar negeri.

Hal ini diterapkan maskapai ini setelah salah satu co-pilotnya tertangkap kadar alkoholnya 10 kali batas kadar alkohol legal. Co-Pilot Katsutoshi Jitsukawa diketahui telah minum sekitar dua botol minuman anggur atau wine dan satu botol bir pada malam sebelum ia terbang dari Bandara Heathrow London bulan lalu. 

Ia telah berusaha menghindari rekan-rekannya untuk menutupi bau alkohol ketika mereka bersiap untuk penerbangan mereka. Namun naas, seorang pengemudi bus awak pesawat mencium bau alkohol dan mengatakan kepada polisi, yang menuduhnya melanggar hukum penerbangan Inggris.

Tes menemukan bahwa pilot berusia 42 tahun itu memiliki kadar 189 miligram alkohol per 100 mililiter darah dalam sistemnya - kadar alkohol dalam darah (BAC) 0,189, hampir 10 kali lipat dari batas 0,02 BAC untuk seorang pilot.

Japan Airlines mengatakan pihaknya yakin Jitsukawa memalsukan hasil tes nafas dengan mengeksploitasi model alat tes nafas mereka saat ini.

"Kedua kapten itu ditemukan bersalah karena tidak memeriksa kembali hasil tes yang dilaporkan oleh ko-pilot," kata Japan Airlines.

Perusahaan meminta maaf karena penerbangan ditunda lebih dari satu jam. Jitsukawa ditangkap sehari setelah pernyataan yang memalukan dari maskapai besar Jepang lainnya, All Nippon Airways.

Mereka juga secara terbuka meminta maaf atas keterlambatan lima penerbangan domestik yang disebabkan oleh seorang pilot yang tidak sehat karena banyak minum malam sebelumnya. Jitsukawa akan tetap ditahan sampai ia dijatuhi hukuman di Pengadilan Uxbridge Magistrates di London barat dalam dua pekan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...