News

Karena Drone, Pesawat ini Membelok Tajam

Ilustrasi.(sumber;internet)

LONDON - Drone merupakan salah satu ancaman tertinggi dari pesawat terbang. Karena, akibat barang tersebut bisa terjadi kecelakaan fatal.

Dilansir dai CNN, Selasa (3/9/2019), seorang pilot penumpang membelok cukup tajam untuk menghindari drone. Lokasinya ada di dekat Bandara Gatwick, London, Inggris.

Oleh karena drone itu, dalam sebuah laporan, nyaris terjadi kecelakaan. Insiden itu terjadi pada bulan April dan melibatkan Airbus A320 yang dapat mengangkut hingga 186 penumpang.

Pilot pesawat melaporkan bahwa ia melihat drone berwarna gelap di depannya dan menghindarinya dengan mengambil tindakan berbelok 5-8 derajat ke sebelah kanan. Itu menurut ringkasan laporan yang diterbitkan oleh Badan Airprox Board (UKAB) Inggris.

Badan itu menilai bahwa insiden drone tersebut memiliki kategori risiko tertinggi. Laporan penampakan drone di Bandara Gatwick itu telah mengganggu rencana perjalanan ratusan ribu orang.

Tidak ada penyebutan maskapai mana atau nomor penerbangan dalam rilis laporan itu. Diketahui bahwa maskapai British Airways dan EasyJet mengoperasikan Airbus A320 dari Bandara Gatwick.

Adalah ilegal untuk menerbangkan drone di atas 121 meter atau dalam jarak satu kilometer dari batas bandara. UKAB melaporkan bahwa drone melanggar peraturan tersebut.

Dalam ringkasan laporan ditambahkan bahwa drone itu membahayakan pesawat lainnya. "Dewan mempertimbangkan bahwa laporan keseluruhan pilot mengenai insiden tersebut menggambarkan situasi di mana keselamatan adalah hal utama dan tindakan pencegahan dapat diambil," simpulan laporan itu.

Insiden penampakan drone itu adalah satu dari 10 kejadian yang dilaporkan dan dikumpulkan dalam ringkasan laporan bulanan terbaru UKAB. Lima di antaranya terjadi di dekat Bandara Heathrow, bandara utama Inggris.

Ada pula empat objek lain yang ditemukan oleh para pilot, namun tidak teridentifikasi bentuknya. Dan empat dari 14 insiden total dinilai memiliki tingkat risiko tertinggi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...