Trashod

Begini Tips Rebus Sayuran agar Nutrisi Tak Hilang

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Sayur merupakan salah satu bahan maknan yang kaya akan nutrisi dan mineral. Sejumlah ahli gizi juga menganjurkan untuk mengonsumsinya, terutama bagi mereka yang sedang menerapkan program diet.

Namun ternyata, mengolah sayur tidaklah sembarangan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar kandungan nutrisinya tetap terjaga saat proses pengolahan berlangsung.

Salah satu triknya dengan menambahkan sejumput garam ke dalam air rebusan. Para peneliti telah membuktikan bahwa, teknik ini sangat ampuh untuk mempertahankan nutrisi, serta menjaga tekstur dan citarasa sayur agar tetap enak meski telah melalui proses perebusan.

Ketika Anda mencampurkan garam ke dalam panci yang digunakan untuk merebus kentang atau sayur lainnya, garam akan menghentikan proses pelepasan nutrisi yang disebabkan oleh air yang mendidih. Hal ini telah dibuktikan oleh Germany's Federal Centre for Nutrition, seperti dilansir dari SCMP, Kemarin.

Mereka menjelaskan, hampir seluruh jenis makanan atau sayur yang Anda konsumsi sehari-hari mengandung garam. Jadi, ketika Anda menambahkan garam ke dalam air rebusan, tidak akan terjadi perpindahan molekul atau kandungan nutrisi pada sayuran tersebut.

Di sini garam berfungsi menjaga keseimbangan molekul yang terkandung pada sayuran. Jadi seberapa pun suhu air yang Anda gunakan untuk merebus sayuran, nutrisinya tidak akan rusak bila proses pengolahan ini diberi tambahan sejumput garam.

Ini rangkuman 3 tips sukses mengolah sayuran agar rasanya lebih menggugah selera. Berikut ulasannya.

Pilihlah bahan yang masih segar
Salah satu hal terpenting untuk membuat makanan sehat adalah memilih bahan yang tepat. Anda bisa memulainya dengan memilih berbagai varian sayuran segar seperti, tomat, asparagus, spinach, dan masih banyak lagi.

Pilihlah teknik pengolahan yang tepat
Setelah bahan-bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah menentukan teknik pengolahan yang tepat. Menurut seorang ahli gizi, merebus, mengukus, dan memanggang, merupakan 3 cara terbaik dalam mengolah sayuran. Anda bisa menambahkan minyak zaitun untuk mendapatkan hasil terbaik.

Membekukan sayuran
Selain memperpanjang masa konsumsi, banyak yang tidak tahu bahwa membekukan sayuran segar juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengolah makanan sehat. Cukup bumbui potongan sayuran Anda, lalu bekukan dalam freezer selama sebelum diolah. Mudah bukan?



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...