Hukrim

5 Hektare Lahan di Rumbai Bakal Jadi Cadangan Pangan Pekanbaru

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Alek Kurniawan

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memiliki aset lahan di Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai. Lahan seluas 5 hektare itu bakal dijadikan tempat budidaya tanaman holtikultura.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Alek Kurniawan mengatakan, lahan itu bakal dibuat konsep Cadangan Pangan Terintegrasi (Cantik). Di kawasan itu nanti ada budidaya tanaman holtikultura seperti cabai, jagung, ubi, dan terong.

"Juga budidaya perikanan dengan konsep lahan terbatas, dan juga peternakan ayam, sapi di atasnya," kata Alek, Senin (13/7/2020).

Kawasan itu nantinya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangan apabila terjadi hal-hal tak terduga, seperti bencana alam. Artinya, ini bisa jadi cadangan, seperti suplai sayuran holtikultura.

"Selama ini suplai ke Kota Pekanbaru, dari Sumatera Barat, misalkan akses jalan terputus, kita tidak kekurangan pangan," jelasnya.

Ditanya kapan rencana itu direalisasikan, Ia menyebut saat ini pihaknya sedang menyusun masterplan terkait kawasan agrowisata tersebut. Masterplan ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020.

"InsyaAllah mulai pengerjaan fisik tahun 2021," jelasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...