News

China Sudah Gunakan Vaksin Corona Eksperimental Sejak Juli

Ilustrasi.(sumber;internet)

BEIJING - Pemerintah China dilaporkan telah memberikan vaksin virus Corona COVID-19 yang masih dalam tahap eksperimen kepada para tenaga medis dan penjaga perbatasan sejak Juli lalu.

Dikutip dari CNN, Direktur Pusat Pengembangan Sains dan Teknologi Komisi Kesehatan Nasional (NHC), Zheng Zhongwei, mengatakan vaksin ini telah disetujui dan digunakan pada 22 Juli. "Pemerintah mengizinkan penggunaan darurat vaksin pada 22 Juli," jelas Zheng.

Dalam program CCTV-2 Dialogue, Zheng menjelaskan orang-orang yang berisiko tinggi terpapar COVID-19, seperti tenaga medis, staf pencegahan epidemi, staf medis di klinik, dan staf bea cukai dan perbatasan berhak mendapatkan vaksin.

Vaksin Corona yang digunakan adalah vaksin yang dikembangkan oleh China National Biotech Group (CNBG) Sinopharm. Saat ini vaksin tersebut sedang dalam uji klinis fase 3 dan diuji di Uni Emirat Arab (UEA), Peru, Maroko, dan Argentina.

"Ada ketentuan yang jelas dalam Pasal 20 undang-undang vaksin di negara kita. Ketika insiden besar terkait kesehatan terjadi di masyarakat, Komisi Kesehatan Nasional (NHC) mengajukan permohonan untuk penggunaan vaksin darurat," kata Zheng.

"Badan Pengawas Obat dan Makanan pun telah mengatur para ahli untuk mengevaluasi dan menyetujui NHC menggunakan vaksin darurat dalam skala tertentu dan dalam waktu terbatas tertentu," tuturnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...