News

Pakar WHO: Data Wabah Covid-19 Wuhan Bisa 5 Kali Lebih Besar

sumber;internet

WUHAN - Pakar WHO perkirakan jumlah orang yang terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 di Wuhan 5 kali lebih besar dari laporan pemerintah China.

Berdasarkan laporan para ahli China saat melakukan inspeksi, terdapat 174 kasus Covid-19 di Wuhan pada Desember 2019. Namun, Kepala Peneliti Tim Investigasi WHO Peter Ben Embarek memperkirakan kemungkinan virus itu sudah menjangkiti lebih dari 1000 warga Wuhan pada Desember.

"Virus itu beredar luas di Wuhan pada Desember, ini adalah temuan baru."

Dari 174 orang yang teridentifikasi, sebanyak 100 orang sudah dikonfirmasi lewat tes laboratorium, sementara 74 lainnya didiagnosa lewat gejala klinis pasien.

"Kami belum membuat pemodelan tentang itu...Tapi kita tahu...dalam gambaran kasar... dari total populasi yang terinfeksi, sekitar 15 persen punya gejala parah, dan sebagian besar adalah kasus bergejala ringan," tuturnya kepada CNN.

Tim investigasi juga sempat berbicara dengan pasien pertama Covid-19. Pasien pertama ini adalah seorang pekerja kantoran berusia 40-an tahun, tanpa catatan riwayat perjalanan, dan dilaporkan terinfeksi pada 8 Desember.

Kurangnya detil data terkait penyakit baru ini menambah kekhawatiran soal kemungkinan Covid-19 telah menyebar di China jauh sebelum kemunculan resmi pertamanya pada pertengahan Desember.

Selain itu, Embarek mengungkap tim yang terdiri dari 17 ilmuwan WHO dan 17 ilmuwan China telah mengumpulkan 13 urutan genetik berbeda dari virus SARS-COV-2 sejak Desember 2019.

Pemeriksaan urutan genetik ini bakal dicocokan dengan data pasien yang lebih luas di China sepanjang 2019. Sehingga, bisa memberi petunjuk bagaimana dan kapan virus ini menular sebelum Desember.

Embarek mengatakan, "beberapa dari mereka berasal dari pasar ... sebagian lain tidak terkait dengan pasar."

Pasar yang dimaksud adalah pasar hewan Huanan di Wuhan, yang sebelumnya diduga berperan dalam penyebaran pertama virus corona SARS-CoV-2.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...