News

Anwar Ibrahim Serahkan Usulan Pemakzulan Muhyiddin

KUALA LUMPUR - Pimpinan oposisi Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim menyerahkan usulan bahwa anggota parlemen telah hilang kepercayaan kepada Perdana Menteri Muhyiddin Yasin. Ia meminta Muhyiddin segera dimakzulkan dari jabatannya.

Ahli Parlemen Port Dickson tersebut menyerahkan usulannya kepada Ketua Parlemen Datuk Azhar Azizan Harun di Kuala Lumpur, Kamis, mewakili para anggota parlemen.

Presiden PKR tersebut mengatakan, usulan tersebut berdasarkan Peraturan 14(1)(h), 26(1)(d) dan 36(12) Peraturan-Peraturan Majelis Musyawarah Dewan Rakyat atau Parlemen serta Undang-Undang Persekutuan.

"Bahwa anggota parlemen mengambil ketetapan untuk hilang kepercayaan kepada Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin dan dimakzulkan daripada jabatan Perdana Menteri dengan segera menurut Undang-Undang Persekutuan," ujarya.

Istana Negara telah menyampaikan kemarahannya atas sikap Menteri Parlemen dan Undang-Undang Datuk Seri Takiyuddin Hassan yang disampaikan secara keliru di parlemen dengan menyatakan semua Peraturan Darurat telah dibatalkan pada 21 Juli.

Anwar menyerukan agar anggota parlemen tetap bersidang seperti biasa pada Senin (2/8) mendatang. Sementara itu anggota parlemen dari Langkawi yang juga mantan Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir Mohamad mengatakan perdana menteri tidak mempunyai kekuasaan untuk menarik peraturan-peraturan darurat tersebut.

"Oleh karena itu sudah menjadi tanggungjawab Muhyiddin untuk meletakkan jabatan sebagai Perdana Menteri diikuti anggota kabinetnya," katanya.




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...