Malaysia

Geledah Rumah Eks PM Malaysia, Polisi Sita Puluhan Tas Mewah dan Gepokan Dollar

Polisi Malaysia saat menyita beberapa tas mewah dari rumah mantan PM Malaysia Najib Razak. (sumber;internet)

KUALA LUMPUR - Selama menjadi Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak ternyata memiliki kekayaan yang luar biasa. Buktinya, Polisi Malaysia telah menyita 52 tas bermerek, 10 jam tangan mewah dan uang tunai dalam berbagai mata uang dalam pengeledahan kediaman pribadi Najib Razak, yang dilakukan sejak Rabu (16/5/2018) malam.

Polisi percaya ada alasan yang masuk akal untuk mencurigai bahwa semua barang tersebut adalah hasil pencucian uang dalam skandal dana investasi negara 1MDB. Tas-tas yang disita termasuk beberapa yang dibuat oleh Versace, Gucci dan Oscar de la Renta dengan 15 kotak Chanel.

Terdapat pula jam tangan mewah seperti Rolex dan Patek Philippe. Polisi juga menyita uang tunai dari berbagai mata uang termasuk dalam pecahan ringgit sebanyak RM 537.000 atau sekitar USD 135.000, 2.700 poundsterling dan 2.870.0000 Sri Lanka Rupee juga disita pihak kepolisian.

Pengacara Najib mengatakan, penggeledahan yang berlangsung selama 18 jam di rumah Najib, "Adalah sebuah pelecehan", kata dia, dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (18/5/2018).

Secara total, pihak berwenang Malaysia telah menggeledah enam lokasi yang terkait dengan Najib dan perusahaan investasi negara 1MDB, termasuk kantor perdana menteri dan kediaman resmi perdana menteri di Putrajaya serta empat rumah pribadi.

Pada Jumat pagi, polisi menyita 284 kotak lain yang berisi tas desainer serta puluhan tas yang diisi dengan uang tunai dan perhiasan dari unit kondominium mewah yang dikaitkan dengan Najib.

Mahathir mengatakan ada bukti yang cukup untuk menyelidiki skandal multi miliar dolar di 1MDB, dan bersumpah untuk mengambil tindakan terhadap mereka yang mungkin telah bersekongkol atau mendapat manfaat dari korupsi di dana tersebut.

Setidaknya enam negara, termasuk Amerika Serikat dan Swiss, sedang menyelidiki aliran dana yang diklaim mencapai USD 4,5 miliar yang diduga tersedot dari 1MDB.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...