News

Pemilih di Inhu Lampaui Target

Ketua KPU Inhu, Yenni Meirida serahkan form DB-1 hasil pleno KPU Inhu kepada Ketua Bawaslu Inhu Dedi Risanto


RENGAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Indragiri Hulu menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu)  tahun 2019 ini sebesar 75 persen.  Namun hasil mengejutkan didapat,  setelah partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara melebihi target tersebut. 

Partisipasi politik merupakan sikap masyarakat dalam menentukan pilihan dan arah menuju perubahan yang lebih baik kedepannya. Salah satu indikator keberhasilan dan kualitas pelakasanaan penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah partisipasi masyarakat dalam mengikuti tahapan-tahapan pemilu. 

Berdasarkan hasil pleno Kabupaten KPU Inhu,  jumlah pemilih sevara umum mencapai 239.190 pemilih dari 301.338 jumlah DPT hingga DPTb terakhir.  Dari hitungan tersebut didapat persentase partisipasi pemilih 79,36 persen. 

Menurut ketua KPU Inhu Yenni Meirida, jumlah tersebut meningkat dari pelaksanaan Pemilu sebelumnya ditahun 2014 yakni sebesar 66 persen."Alhamdulillah,  partisipasi masyarakat untuk ikut mwnyumbangkan suaranya dalam pemilih pemimpin dan wakil di legislatif,  sangat besar dan kami sangat apresiasi, ucapnya. 

Dikatakannya,  capaian ini tentunya tidak terlepas dari peran masyarakat sebagai pelaku utama,  Bawaslu Inhu,  Partai Politik termasuk caleg di dalamnya, pemerintahan dan KPU Inhu sendiri beserta jajaran dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. 

Dirinya mengakui, masyarakat sekarang lebih apatis. Banyak pemberitaan yang tendensius terhadap partai politik (parpol) maupun politisi termasuk calon Presiden dan wakil Presiden. “Orang semakin pesimis terhadap masa depan politik. Banyak yang muncul berita buruk yang mestinya imbang, namun semuanya tertepis dengan tingginya partisipasi ini,  tambahnya. 




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...