Dunia

Lagi! Israel Tembak Mati 2 Demonstran Palestina

ilustrasi (sumber;internet)

GAZA - Tentara Israel menembak mati dua warga Palestina di perbatasan Gaza. Insiden ini terjadi dalam unjuk rasa yang kembali digelar warga Palestina di sepanjang perbatasan Gaza.

Disampaikan Kementerian Kesehatan Palestina dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Sabtu (18/8/2018), dua warga Palestina yang tewas itu diidentifikasi sebagai Karim Abu Fatayer (30) dan Sadi Moamer (26). Keduanya tewas saat ikut unjuk rasa pada Jumat (17/8) waktu setempat. 

Fatayer disebut tewas ditembak di dekat kota Bureij, Jalur Gaza bagian tengah. Sedangkan Moamer tewas ditembak di dekat Rafah, Gaza bagian selatan. 

Disebutkan Kementerian Kesehatan Palestina bahwa keduanya tewas usai ditembak di bagian kepala. 

Kementerian Kesehatan Palestina menambahkan bahwa sedikitnya 270 warga Palestina lainnya luka-luka dalam unjuk rasa itu. Sekitar 70 orang di antaranya terkena luka tembakan dari tentara Israel.

Secara terpisah, militer Israel mengakui tentaranya melepas tembakan dalam sejumlah insiden di perbatasan dengan Gaza. Namun mereka mengaku tak tahu soal adanya korban jiwa akibat tembakan itu. 

Hingga saat ini tercatat 171 warga Palestina di Gaza tewas akibat tembakan tentara Israel sejak Maret lalu, kebanyakan dalam bentrokan dan unjuk rasa di perbatasan. Dari pihak Israel, sejauh ini satu tentaranya tewas akibat tembakan sniper Palestina pada Juli lalu. 

Militer Israel dan militan di Gaza, termasuk Hamas, telah tiga kali terlibat konflik sejak tahun 2008. Ketegangan kembali memuncak sejak Maret lalu dan memicu kekhawatiran akan pecahnya konflik baru.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...